Minggu, 22 Desember 2019

Budidaya Rumput Laut

Budidaya Rumput Laut

Proses pembudidayaan dalam tanaman rumput laut yang perlu diperhatian, antara lain sebagai berikut;

Pembiakan Rumput Laut

Rumput laut biasanya  berkembang biak dengan cara menghasilkan spora mikroskopik yang dihasilkan dari organ pembiakan yang cukup jelas dan nyata. Struktur jaringan untuk proses perkembang biakan ini dapat membantu dalam pengelompokan spesimen karena bisa dilihat dengan mata telanjang.
Sel hasil pembiakan yang dihasilkan dari organ pembiakan ini cukup subur. Rumput laut melakukan reproduksi dengan cara seksual dan aseksual. Pembiakan beberapa rumput laut cukup kompleks.

1. Pembiakan Seksual

Pada pembiakan seksual dua individu rumput laut yang berbeda dapat membebaskan dua gamet masing-masing. Gamet-gamet ini dapat membentuk generasi baru yang mengandung sifat genetik dari kedua induknya. Gamet-gamet yang dihasilkan untuk reproduksi terdiri dari berberapa ciri.
Isogami adalah pencampuran dua gamet yang sejenis dari segi ukuran serta bentuk. Jika kedua gamet berbeda dari segi bentuk serta ukuran maka pencampuran antara ovum besar dengan sperma kecil yang bergerak akan bercampur dan disebut juga dengan oogami.

2. Pembiakan Aseksual

Bagi sebagian banyak spesies rumput laut cara pembiakan secara aseksual lebih sering dilakukan dibandingkan dengan pembiakan seksual. Sebagian kecil dari talus yakni butiran talus dapat tumbuh berkembang membentuk individu yang baru.
Terdapat rumput laut yang dapat menghasilkan berbagai jenis spora sebagai alat pembiakan. Spora-spora ini memiliki hambatan yang cukup tinggi terhadap keadaan yang dapat menyebabkan spora dapat tersebar jauh dari indukan asal serta berkecambah pada lingkungan tumbuh yang baru.

Ciri-ciri yang ada pada spora dapat menyebabkan spora memiliki daya tahan yang cukup tinggi yakni dengan bentuk dinding rintang yang berfungsi sebagai pelindungi spora. Beberapa spora memiliki flagelum untuk pergerakan serta dikenal dengan zoospora. Untuk spora yang tidak memiliki flagelum dikenal dengan aplanospora.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar