Minggu, 22 Desember 2019

Habitat Rumput Laut




Rumput Laut

Rumput laut adalah tanaman tingkat rendah yang tidak mempunyai akar, batang, serta daun sejati. tumbuhan ini umumnya melekat pada substrat yang berbentuk thallus. Rumput laut juga merupakan gabungan dari beberapa tanaman yang tidak bervaskular dan memiliki pigmen klorofil untuk melakukan proses fotosintesis.
Rumput laut memiliki struktur vegetatif yang tidak sama dengan tanaman tingkat tinggi. Struktur vegetatif rumput laut tidak bisa dibedakan antara daun, batang serta akar. Struktur yang tidak dapat dibedakan ini dikenal dengan sebutan talus.
Talus pada rumput laut ialah multisel serta terdiri dari bentuk dan ukuran yang berbeda. Talus dapat dibedakan menjadi dua bentuk yang umum yakni filamen dan sifon. Kedua bentuk talus ini dapat bervariasi yang nantinya akan mendapatkan bentuk talus yang lebih kompleks. Hal ini juga termasuk filamen ringkas sampai pada bentuk filamen yang lebih besar yang bisa dibedakan antara kepala pelekap, stip serta lamina.


Habitat Rumput Laut

Habitat rumpai laut yaitu disekitar pantai dan diperairan laut serta didalam dasar laut. Maka dari itu, rumput laut juga dapat tumbuh didaerah yang berbatu karang, berlumpur, berpasir, dan juga ada dipermukaan kulit kerang, kayu, pukat dan juga dapat tumbuh diatas rumput laut lain sebagai epifit.
Substrat merupakan tempat bagi rumput laut untuk dapat melekat ketika diterjang oleh arus dan ombak yang kuat. Substrat terdiri dari benda hidup dan juga benda tidak hidup tergantung dari jenis pelekat yang digunakan oleh rumput laut.
Contoh substrat adalah tumbuhan laut, hewan laut, batu karang, atau dasar laut seperti lumpur dan pasir. Penyebaran rumput laut pada suatu habitat dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantara yaitu seperti cahaya matahari, saliniti, suhu, interaksi di antara hewan dan tanaman serta ombak dan arus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar