Minggu, 22 Desember 2019

Faktor Yang Mempengaruhi Sebaran Terumbu Karang


Faktor Yang Mempengaruhi Sebaran Terumbu Karang
*        Suhu Perairan
Suhu ideal untuk pertumbuhan karang berkisar antara 27-29°C.
*        Cahaya Matahari
Cahaya matahari dibutuhkan guna melakukan fotosintesis. Oleh karena itu  karang sulit tumbuh dan berkembang pada kedalaman dimana penetrasi cahaya sangat kurang, biasanya pada kedalaman lebih dari 50 m.
*        Salinitas
Salinitas ideal bagi pertumbuhan adalah berkisar antara 30-36 o/ oo. Air tawar dengan salinitas rendah dapat membunuh karang. Oleh karena itu karang tidak dijumpai di sungai ataupun muara sungai yang memiliki salinitas yang rendah.
*        Sedimentasi
Butiran sedimen dapat menutupi polip karang, dan bila berlangsung lama bisa menyebabkan kematian karang. Oleh karena itu, karang tidak dijumpai pada perairan yang tingkat sedimentasinya tinggi.
*        Kualitas perairan
 Perairan yang tercemar, baik yang diakibatkan karena limbah industri maupun rumah tangga (domestik) akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan karang. Perairan dapat saja menjadi keruh dan kotor karena limbah pencemar, ataupun penuh dengan sampah. Bahan pencemar tentu saja akan berpengaruh langsung terhadap pertumbuhan karang, sedangkan perairan
*        Arus dan sirkulasi air laut
 Arus dan sirkulasi air diperlukan dalam penyuplaian makanan yang diperlukan dalam proses pertumbuhan karang dan suplai oksigen dari laut lepas. Selain itu, arus dan sirkulasi air juga berperan dalam proses pembersihan dari endapan material yang menempel pada pada polip karang. Tempat dengan arus dan ombak yang tidak terlalu besar merupakan tempat yang ideal untuk pertumbuhan karang.
*         Larva karang yang disebut planula memerlukan substrat yang keras dan stabil untuk menempel, hingga tumbuh menjadi karang dewasa. Substrat yang labil, seperti pasir akan sulit bagi planula untuk menempel.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar