Minggu, 22 Desember 2019

manfaat rumput laut

Manfaat Rumput Laut
Kegunaan rumput laut dalam kehidupan manusia di keseharian ini, antara lain;

1. Menurunkan Berat Badan

Sebagian jenis rumput laut seperti rumput laut cokelat terdapat kandungan pigmen fucoxanthin, yang bisa membantu metabolisme tubuh sehingga lemak dapat berubah menjadi energi.
Pernyataan ini diperkuat oleh sebuah penelitian yang telah dipublikasikan oleh Food Chemistry, bahwasanya ditemukan pada alginat atau serat alami yang ada pada rumput laut cokelat bisa membantu kurang lebih 75% untuk menghalangi penyerapan lemak diusus.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat rumput laut selanjutnya ialah membantu dalam proses penyembuhan luka. Rumput laut mengandung banyak vitamin K, dan vitamin ini dapat bekerjasama dengan trombosit atau jenis sel yang mampu membentuk gumpalan atau proses pembekuan darah. Vitamin K dapat mengirim sinyal kimia sehingga trombosit akan melakukan penggumpulan darah dan pembekuan, sehingga ketika sedang terluka maka luka tersebut akan cepat berhenti mengalir.

3. Menguatkan Tulang dan Gigi

Rumput laut juga banyak terdapat kalsium. Apabila seseorang mengalami alergi terhadap susu sapi, maka harus dipertimbangkan makanan yang banyak mengandung kalsium. Pada rumput laut dan wakame terdapat lebih dari 60 mg kalsium, atau kurang lebih 6 % dari kebutuhan kalsium harian manusia.
Kurangnya kalsium bisa berdampak negative dalam pembentukan otot dan sel yang bekerjasama dengan sistem saraf.

4. Meningkatkan Energi

Kandungan lain yang ada pada rumput laut ialah zat besi. Manfaat yang bisa didapatkan dari zat besi yakni sebagai alat untuk memproduksi energi yang dibutuhkan untuk proses pembakaran dalam tubuh saat melakukan berbagai kegiatan harian.
Kurangnya zat besi bisa menyebabkan anemia sehingga seseorang bisa menjadi mudah lemas, letih, lemah dan lesu. Dengan begitu maka dapat dilakukan cara menambah asupan zat besi dengan banyak mengkonsumsi rumput laut. Dalam semangkuk rumput laut terdapat 1,1  dan 0,8 mg zat besi.
Dengan memasukkan rumput laut ke dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari bisa membantu seseorang untuk mencukupi kebutuhan 8 mg zat besi harian terutama pada laki-laki, dan 18 mg zat besi pada perempuan.

5. Baik untuk Penderita Diabetes dan Kolesterol

Dalam rumput laut juga terdapat kandungan omega 3 dan asam lemak. Dalam satu lembar rumput laut mempunyai kandungan omega 3 dan asam lemak yang mana kandungannya setara dengan dua alpukat. Manfaat dari omega 3 asam lemak yaitu untuk meningkatkan kolesterol yang baik atau HDL, dan mengurangi kolesterol yang jahat atau LDL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar